Seputar proses film negatif B&W

View previous topic View next topic Go down

Seputar proses film negatif B&W

Post  didonhp on Fri Nov 26, 2010 10:51 am

Film negatif BW termasuk yg paling gampang buat diproses sendiri di rumah, selain hasilnya bisa kita atur semau kita... kepuasannya pun bakal berbeda kalau kita memproses sendiri film hasil jepretan kita.

Buat temen2 yg sudah sering bermain dgn bahan2 kimia untuk memproses film negatif BW, silahkan dibagi ilmu dan pengalamnnya disini sekalian kita bertukar pikiran mencari solusi sederhana utk permasalahan2 yg biasa timbul di tahap pemrosesan film, khususnya untuk film negatif B&W

salam analog.-

edited:

yang nyari [You must be registered and logged in to see this link.] bisa diliat di ruang artikel ini, lengkap ama bumbu2 nya yg laen....

[You must be registered and logged in to see this link.]


Dibawah ini c/p dari rumah utama di kaskus..... di bikin backup krn takut hilang spt part 1 nya... Sad
============================================

Temans,

sepertinya thread yg khusus bahas teknis kamar gelap khusus film BW belum ada di index, jadi gw coba buka disini, moga2 bisa jadi sarana tuker info dan pengalaman seputar masalah cuci cetak film BW.

Buat para pendahulu yg sudah pernah main di kamar gelap, tolong kesediaannya buat berbagi ilmu disini, biar kita gak cuma motret saja tapi juga lebih menjiwai fotografi sampai ke proses permainan di kamar gelapnya.

Gak usah pake panjang lebar lagi...silahkan digelar ......





PENTING !!!

MOHON DIBACA SEBELUM MELANJUTKAN
MENGIKUTI THREAD INI


!!!!!





Trilogi thread kamera analog di Kaskus Fotografi :

Gear : [You must be registered and logged in to see this link.]

Foto : [You must be registered and logged in to see this link.]

Kamar Gelap : [You must be registered and logged in to see this link.]



Daftar isi :
daftar isi:



[spoiler=proses film]

... sabar ya... lagi di sisir satu2 postingan2 yg menarik...


cetak mencetak:


... sabar ya... lagi di sisir satu2 postingan2 yg menarik...


info lain:de6b:


... sabar ya... lagi di sisir satu2 postingan2 yg menarik...



Pojok kimia

stock ideal:

p-Aminophenol (tablet Paracetamol 500mg) ........ 100 tablet
Metol .......................................................... 100 gram
Hydroquinone ............................................... 100 gram
Glycin ......................................................... 100 gram
Phenidone ................................................... 10 gram
Pyrogallol .................................................... 1 kg
Pyrocatechin ................................................ 100 gram

Potassium Bromide ......................................... 100 gram
Borax .......................................................... 100 gram
Ascorbic acid (Vitamin C)................................. 100 gram
Paraphenylene Diamine (base) .......................... 100 gram
EDTA - Na4 ................................................... 100 gram

Sodium Sulfite (Anhydrous) .............................. 1 kg
Sodium Bisulfite* ........................................... 100 gram
Sodium Metabisulfite ....................................... 100 gram
Sodium Metaborate ......................................... 1 kg

Sodium Hydroxide ........................................... 1 kg
Potassium Carbonate ...................................... 1 kg

Methanol (spiritus) ......................................... 1 liter
Accu zuur ..................................................... 1 liter
Kalium permanganat (PK) ................................. 10 gram
toko kimia:

Capa Store, Metro Atom Plaza Lt II - Pasar Baru / 0213523953

Kamal, Jl Braga Bandung (cat putih) - 022 4203230, 022 4234826


Sinar Kimia Toko
Jl RS Fatmawati 206
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12150

Sinar Kimia Toko
Jl Daan Mogot Km 18,5
Kalideres
Jakarta Barat 11850

Toko Inti Kimia
Jl. Jatinegara Barat 4-5
Jatinegara
Jakarta Timur 13310

Toko Kimia Murni
Jl. Raya Jatinegara Timur No. 13
Jatinegara
Jakarta Timur 13310

Toko Kimia Raya
Jl. Gunung Sahari 5-A
Kemayoran
Jakarta Pusat 10610

Toko Kimia
Jl. Utan Panjang II No. 7
Kemayoran
Jakarta Pusat 10650

Toko Rejeki Kimia
Jl. Daan Mogot KM. 2/38
Kalideres
Jakarta Barat 11840

Toko Sarana Kimia
Jl. Stasiun Senen 41
Senen
Jakarta Pusat 10410

Toko Sumber Kimia
Jl. Kapuk Kamal 88-B
Cengkareng
Jakarta Barat 11720

Toko Super Kimia
Jl. Kampung Melayu Besar 1-A
Tebet
Jakarta Selatan 12830

Pacific Kimia Toko
Jl Rawa Bebek 99
Sawah Besar
Jakarta Pusat 10730

Pacific Kimia Toko
Jl Rawa Bebek 99 RT 009/13
Penjaringan
Jakarta Utara 14440

Makmur Kimia Toko
Jl Kapuk Raya 24-Q
Cengkareng
Jakarta Barat 11720

Sarana Kimia Toko
Jl. Stasiun Senen 41
Senen
Jakarta Pusat 10410

Violina Kimia Toko
Jl. Palad 12
Makasar
Jakarta Timur 13620

Kimia Raya Toko
Jl. Gunung Sahari No. 5-A
Sawah Besar
Jakarta Pusat 10720

Antar Kimia Toko
Jl. Letjen Suprapto 6
Cempaka Putih
Jakarta Pusat 10510

Mega Kimia Toko
Pasar HWI Lindeteves
Jl. Hayam Wuruk 100
Taman Sari
Jakarta Barat 11180

Pasifik Kimia Toko
Jl. Rawa Bebek 99 RT 009 RW 13
Penjaringan
Jakarta Utara 14440

Cahaya Kimia Toko
Jl. Terusan Bandengan Utara Bl A/12-A
RT 005 RW 10
Penjaringan
Jakarta Utara 14450

Victorindo Kimia Tama Toko
Jl. Mangga Dua Bl C-2/2
Pademangan
Jakarta Utara 14430

Cahaya Mulia Kimia Toko
Pasar HWI Lindeteves
Jl. Hayam Wuruk 100
Taman Sari
Jakarta Barat 11180


*** sumber : [You must be registered and logged in to see this link.]



Kumpulan posting seputar Parodinal ..

parodinal:

cara meracik by Padma6ita + FAQ nya

Aneka resep ala Saostomat

sample:

Neopan Accross paRodinal 1+100 by Tommyna

Lucky 100 @ 400, paRodinal 10+400 by Saostomat

Ultrafine 400 paRodinal 1+100 by Padma6ita

Neopan 100 kadal paRodinal 1+100 by Th1nker

luki@1600, 5ml + 400ml air by Saostomat

lucky, parodinal 1 sendok makan + 500 ml air by B3nd3r

lucky push 400, 5 ml + 350 ml air by Saostomat

lucky push 200 by Saostomat

HP5+ @ 400 paRodinal 1+50 @ 20*C, 11 menit by Think.R

Lucky paRodinal 1+20 @ 24*C, 7 menit, agitasi 10" awal dan akhir by Saostomat


Hypo (fixer non-acid) by Padma6ita & Th1nker

Sifat-sifat parodinal by Th1nker

Memurnikan paracetamol by kieb
slide dari negatif BW:

Lucky BW + paRodinal by Padma6ita


Slide push 1600 by Padma6ita




Kumpulan posting seputar Beutler ..

beutler:


- Arista 50, bracketing dgn Beutler by josepasillas

sample:

- Sharpness by josepasillas
- Varian A: metol 2, hydroq 10 by tuabona
- Varian A: metol 2, Hydroq 10 by Kadalgembrot



I love you I love you I love you




Last edited by didonhp on Tue Jul 24, 2012 7:37 am; edited 4 times in total

didonhp

Posts : 235
Join date : 2010-11-25

View user profile

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  didonhp on Fri Nov 26, 2010 10:54 am

^^

menyambung prolog di atas..... sekedar info buat yg pingin mulai mencoba cuci sendiri film2 nya, panduan praktis bisa didapat dari banyak tempat di internet, atau coba buka yg satu ini...

[You must be registered and logged in to see this link.]




Arrow Arrow Arrow


Last edited by didonhp on Sun Feb 06, 2011 11:02 pm; edited 1 time in total

didonhp

Posts : 235
Join date : 2010-11-25

View user profile

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  ilham456 on Sun Feb 06, 2011 10:01 pm

Untuk warna tahu ga caranya Laughing

ilham456

Posts : 27
Join date : 2011-02-06
Age : 21
Location : Gresik

View user profile http://sunny16.tk

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  didonhp on Sun Feb 06, 2011 10:57 pm

ilham456 wrote:Untuk warna tahu ga caranya Laughing

gak sukar kok, E6 aja khan udah kita kerjain sendiri .... asal berani import kit C41 nya dari freestyle, itu yg bikin biaya nya gak rasional lagi..... mendingan serahin ke minilab sekalian bantu2 mereka tetep idup...

Very Happy


didonhp

Posts : 235
Join date : 2010-11-25

View user profile

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  ilham456 on Sun Feb 06, 2011 11:05 pm

didonhp wrote:
gak sukar kok, E6 aja khan udah kita kerjain sendiri .... asal berani import kit C41 nya dari freestyle, itu yg bikin biaya nya gak rasional lagi..... mendingan serahin ke minilab sekalian bantu2 mereka tetep idup...
Very Happy
Oh makanya, pas ane tanya orang yang bisa develop BW "bisa warna ga" dia jawab "nyerah, gue nyerah"

ilham456

Posts : 27
Join date : 2011-02-06
Age : 21
Location : Gresik

View user profile http://sunny16.tk

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  denharto on Wed Feb 09, 2011 3:10 pm

saya punya film Velvia50, mau dipake tapi takut kelimpungan cari tempat buat proses E6-nya, mohon petunjuk.. cat

denharto

Posts : 39
Join date : 2011-02-09
Location : Bekasi

View user profile

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  didonhp on Wed Feb 09, 2011 10:20 pm

denharto wrote:saya punya film Velvia50, mau dipake tapi takut kelimpungan cari tempat buat proses E6-nya, mohon petunjuk.. cat

coba kontak om Kuroneko bro.... beliau mungkin masih terima buat proses E6 secara manual ...

[You must be registered and logged in to see this link.]



didonhp

Posts : 235
Join date : 2010-11-25

View user profile

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  denharto on Thu Feb 10, 2011 9:17 am

makasih bro..


weeks.. di di Jepang ya..?

denharto

Posts : 39
Join date : 2011-02-09
Location : Bekasi

View user profile

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  didonhp on Thu Feb 10, 2011 3:00 pm

denharto wrote:makasih bro..


weeks.. di di Jepang ya..?

gak kok.... udah pulang ke jakarta.....


didonhp

Posts : 235
Join date : 2010-11-25

View user profile

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  denharto on Fri Feb 11, 2011 10:38 am

wah PM gw ngga dibales tuh..

denharto

Posts : 39
Join date : 2011-02-09
Location : Bekasi

View user profile

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  didonhp on Tue Jul 24, 2012 12:49 am

.....

.

bersih2 kamar dolo...... siapa tahu pada mampir dimari..... Surprised

biar gak bosen dikasih pajangan dinding...


[You must be registered and logged in to see this image.]



didonhp

Posts : 235
Join date : 2010-11-25

View user profile

Back to top Go down

Re: Seputar proses film negatif B&W

Post  Sponsored content Today at 6:33 pm


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum