Scanner Jendela ..... barang apakah itu?

View previous topic View next topic Go down

Scanner Jendela ..... barang apakah itu?

Post  didonhp on Sun Feb 06, 2011 1:37 pm

Scanner Jendela ..... barang apakah itu?


Bermain kamera film biasanya berlanjut ke proses pencucian dan pencetakan fotonya, tapi sekarang ini sering kali ritual itu agak melenceng karena imbas teknologi digital. Jadi banyak hasil jepretan kita yang berakhir di mesin scanner setelah film nya di proses.

Buat saya sendiri, proses scanning dari film negatif ini lebih banyak bertujuan untuk pemilihan hasil, karena sekarang ini menbuat "contact print" terutama untuk film2 berwarna, dirasa terlalu mahal dibandingkan kegunaannya. Selain ini dengan digitalisasi film lewat proses pemindaian seperti ini juga memudahkan kita untuk menampilkan hasil foto di dunia maya dan untuk keperluan presentasi, ataupun menampilkan lewat media digital lainnya.

Sayang harga scanner khusus film sekarang ini masih agak mahal, sehingga banyak teman2 yg mengakali dengan melakukan 'scanning' memakai kamera digitalnya. Sebetulnya ini adalah proses repro / copy , seperti proses pengcopyan slide di era silam.

Disebut scanner jendela karena memang sering memanfaatkan kaca jendela untuk proses pemindaiannya. Supaya lebih jelas kita lihat saja penampakannya berikut ini, yg merupakan cuplikan diskusi dalam thread Kamar gelap film B&W .....



buat scanner nya, udah pernah denger 'scanner jendela' khan? Jadi negatif kita di tempelin ke kaca jendela atau kaca apa aja yg ada sumber sinar dari belakangnya, trus di 'repro' pakai kamera digital. Abis gitu gambar yg terekam tinggal di invert dan cropping kalau perlu pakai software picture editor.

ini contoh settingan nya yg gampang..... kamera nya ditancep di tripod biar gak goyang2...

[You must be registered and logged in to see this image.]

hasil scanner jendela:

[You must be registered and logged in to see this image.]
hasil yg sudah di invert ...


[You must be registered and logged in to see this image.]
kalo gak ada jendela, bisa juga pake lampu baca...

edited:

oia, gw biasanya pake filter close-up +3 atau +4 di depan lensa dslr ane supaya bisa dapet mendekati satu frame penuh. Bisa juga di coba pakai ext. tube atau macro bellow..... gak usah pake juga gak apa, tp harus di crop dan hasilnya gak bagus sama sekali..



Berikut beberapa link yang juga membahas proses pemindaian alternatif seperti diatas..

'Scanner jendela utk film negatif versiku' by Eye_Shadow

atau bisa juga dilihat di halaman satu thread yang satu ini

[You must be registered and logged in to see this link.]


Salam analog.-

didonhp

Posts : 235
Join date : 2010-11-25

View user profile

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum